Logo hasdemy
Kenapa Pelatihan Penyelia Halal Sangat Penting? 16 January 2024

Kenapa Pelatihan Penyelia Halal Sangat Penting?

Adanya peran seorang Penyelia Halal menjadi hal yang sangat penting mengingat produk dan layanan yang ditawarkan suatu pelaku usaha harus mematuhi prinsip-prinsip halal sehingga kepercayaan konsumen akan terus meningkat.

Nah Hasdemy Buddy, pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai pengertian, peran, tugas, hingga bagaimana cara mengikuti pelatihan Penyelia Halal.

Pengertian Penyelia Halal

Berdasarkan yang tertera di PP No. 39 tahun 2021, Penyelia Halal adalah orang yang bertanggung jawab dan mengawasi Proses Produk Halal (PPH) dan biasanya berada di dalam perusahaan itu sendiri.

Kehadiran Penyelia Halal bertujuan untuk memenuhi persyaratan dan standar yang ditetapkan dalam hukum Islam serta sesuai dengan syariat Islam, sehingga peran ini sangat diperlukan terutama bagi sektor makanan, minuman, farmasi, kosmetik, dan industri lainnya yang sangat membutuhkan sertifikasi halal.

Peran & Tanggung Jawab Penyelia Halal

Berbicara mengenai Penyelia Halal, pastinya terdapat berbagai peran dan tugas yang beragam. Disimak, yuk!

1. Memastikan Kehalalan Produk dan Bahan Baku

Penyelia Halal wajib menentukan dan memeriksa produk serta bahan baku yang digunakan agar persyaratan halal selalu terpenuhi seperti memeriksa label, sertifikat, dan komposisi bahan. 

2. Bantu Verifikasi Sertifikat Halal

Juga harus memeriksa keabsahan sertifikat halal yang dikeluarkan langsung lembaga sertifikasi halal yang sah, yang tentunya juga wajib masih berlaku.

3. Mengawasi Proses Produksi

Tujuan peran ini pastinya untuk memastikan tidak ada bahan baku non-halal yang masuk selama proses produksi berlangsung dan prosesnya pun juga harus sesuai dengan kaidah halal.

4. Memantau Audit dan Sertifikasi Halal

Tidak lupa juga mengawasi proses audit dan sertifikasi produk halal yang bertujuan mengawasi tim auditor dan memastikan kepatuhan prinsip-prinsip halal dalam semua aspek bisnis yang mereka tangani.

5. Edukasi, Konsultasi, Penanganan Keluhan

Fungsi lainnya yaitu memberikan edukasi dan konsultasi mengenai sertifikasi halal serta menangani keluhan-keluhan yang diperlukan.

Kenapa Peran Ini Sangat Penting?

Adanya peran ini pastinya sangat penting karena alasan-alasan berikut ini:

1. Supaya Tunduk dengan Prinsip Halal

Semua bahan-bahan produk yang digunakan, proses produksi, sampai dengan pemeliharaan kebersihan dan ketertiban wajib sesuai dengan prinsip halal sebagaimana mestinya. 

2. Kepatuhan Hukum

Sehubungan dengan beberapa negara yang mewajibkan makanannya memenuhi standar halal, kehadiran Penyelia Halal tentunya sangat membantu sebuah perusahaan mematuhi hukum.

3. Keamanan Pangan Terjamin

Tak lupa juga, peran ini juga dapat memastikan bahan produk hingga proses produksinya aman dan terjamin dan tidak membahayakan kesehatan konsumen.

4. Kepercayaan Konsumen Meningkat

Tidak perlu diragukan atau ditanyakan lagi, kehadiran Penyelia Halal yang kompeten dan independen akan membuat para konsumen lebih percaya, yakin, nyaman, dan aman.

5. Perlindungan Reputasi

Saat perusahaan atau pemilik usaha sudah memiliki Penyelia Halal, pastinya reputasi akan selalu terjaga dengan baik. Terlebih peran ini juga dapat mengatasi kemungkinan-kemungkinan masalah yang terjadi dengan cara profesional.

6. Mengakses Pasar Global Lebih Mudah

Peran ini dapat membantu perusahaan mengakses pasar global yang lebih besar karena semakin ke sini produk halal semakin diminati dan dilirik banyak negara.

Bagaimana Cara Mengikuti Pelatihan Penyelia Halal?

Untuk menjadi seorang Penyelia Halal, kamu wajib memenuhi berbagai syarat tertentu yang diakui oleh lembaga sertifikasi halal resmi. Cara yang bisa kamu tempuh diantaranya dengan mengikuti pelatihan dan uji kompetensi yang disediakan Hasdemy, yang menjadi pusat pelatihan halal syariah pertama di Indonesia.

Melalui kelas ini, kamu dapat mempelajari Menyusun Dokumen Penerapan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) dan Kelengkapannya, Menyiapkan Dokumen Daftar Bahan dan Dokumen Pendukungnya, Mengawasi Bahan, Proses, dan Produk Halal, Melakukan Penanganan Produk yang Tidak Memenuhi Kriteria Halal, Melakukan Audit Internal Penerapan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH), hingga Evaluasi Tindak Lanjut Hasil Audit Internal.

Nah untuk kamu yang ingin menjadi Penyelia Halal atau saat ini sudah menjadi Halal Supervisor Team, Pelaku Halal, Pelaku Usaha Produk Kehalalan, pastikan sudah mendaftarkan diri melalui link ini!

 

Baca juga: Pertemuan dengan Kerajaan Negeri Selangor: Bawa Angin Segar Ekosistem Halal

 

Kontak Whatsapp